Apa Itu IoT? Penjelasan Simple Mencerahkan!

By | Juli 31, 2018

IoT kepanjangan dari Internet of Thing. Artinya semua hal dalam kehidupan kita terhubung ke Internet. Lebih tepatnya benda atau alat, lampu rumah, televisi, CCTV, kendaraan  dan semuanya terhubung ke Internet.

Kenapa harus terhubung ke Internet? Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pekerjaan kita. Dengan semua perangkat terhubung ke Internet, maka kita akan di permudah dalam mengerjakan banyak hal, bahkan bisa jadi tanpa harus kita kerjakan sama sekali.

Contoh kasus: Kita berangkat kerja, tapi ternyata kita lupa mematikan Televisi dirumah. Dan ternyata dirumah tidak ada siapa-siapa.

Nah dengan IoT, kita tidak perlu balik lagi kerumah. Cukup buka Android kita aja, dan kita matikan televisi dirumah melalui Android yang terhubung ke Internet. Enak kan!!!

***

Bagaimana dengan bidang lainnya, misal pertanian. Para petani bisa mendapatkan info mengenai pertaniannya tanpa harus datang langsung ke ladang. Seperti info cuaca, kelembaban udara, kelembaban tanah. Bahkan mereka bisa melakukan penyiraman dari jarak jauh.

Dan masih banyak sekali applikasi atau penerapan untuk kehidupan kita.

Saya pernah membuat project CCTV Cerdas, dengan menggunakan NodeMCU dan perangkat lainnya. Berbasis IoT dan otomasi, dimana kamera hanya menangkap gambar ketika pintu ruangan ada yang dobrak. Kemudian mengirim notifikasi melalui Applikasi Telegram, dan mengirimkan gambar. Serta ada Alarm juga dikamarnya. Tadinya mau saya tambahkan dengan menambahkan sengatan listrik 10000 volt dan serangan api panas. Tapi saya urungkan niatnya, hihihihihi

Sedikit Info, IoT juga sudah diterapkan di Smart City. Salah satu kota yang udah nerapin adalah Bandung dengan Comand Centernya.

***

Lalu apakah ada kekurangan dari IoT? Kekurangannya karena IoT terhubung ke Internet, ada banyak kemungkinan alat / perangkat kita kena serangan hacker. Makanya perlu adanya security sistem yang bagus. Jangan hanya cuma keren, tapi ternyata kebobolan. Karena bisa jadi yang harusnya mengamankan kita, malah jadi membahayakan kita.

Sekian untuk pembahasan IoT kali ini. Bagi temen-temen yang mau belajar membuat project IoT, silahkan buka:

Apa Itu NodeMCU ESP8266? Bagaimana Cara Pakenya?