Cara Mudah Program Printer Thermal Menggunakan Arduino

Halo penduduk KelasRobot.com. Kali ini saya akan membuatkan Tutorial mengenai Thermal Printer Arduino. Bagaimana cara merangkainya, dan bagaimana cara memprogramnya.

Sebelum lanjut, silahkan liat Video Dibawah ini untuk referensi agar tidak terjadi kesalahan saat merangkai Printer Thermal ke Arduino.

Bantu Subscribe juga ya gan. Untuk mendukung Kelas Robot, dan biar saya nambah semangat berbagi Ilmu Gratis di blog ini. hehe

1. Pengantar

Seperti yang sudah dijelaskan Dalam video. Thermal Printer ini sistem komunikasinya menggunakan Serial. Dan yang unik printer ini tidak menggunakan Tinta, melainkan menggunakan suhu panas. Teman-teman bisa gunakan Thermal Printer ini untuk berbagi macam project, contoh: Sistem Antrian, Parkir, dan sebagainya.

2. Rangkaian

Untuk rangkaian, Thermal printer ada 3 pin yang terhubung ke Arduino, yaitu: rx, tx, dan gnd. Pin VIN dan GND yang dijelaskan dalam Video diatas, terhubung ke 8V 2A.

Untuk acuan merangkai, silahkan lihat gambar dibawah ini:

3. Add Library

Sebelum lanjut ke Pemrograman. Teman harus Add dulu library ke Arduino IDE, yang mana library-nya bisa di Download melalui Link Dibawah ini:

Adafruit_Thermal_Printer_Library.zip – DROPBOX

Bagi yang kesulitan Add Library ke Arduino IDE. Silahkan menggunakan Tutorial dibawah ini:

Bagaimana Cara Memasukan Library Ke Aplikasi Arduino IDE?

4. Program

Untuk memcoba Print, silahkan salin atau ketik ulang koding dibawah ini:

5. Catatan Program

  • pada koding printer.setSize(‘L’); ini fungsinya untuk mengatur ukuran Huruf. L untuk besar, M untuk sedang, dan S untuk Kecil.
  • pada koding printer.justify(‘C’); ini fungsinya untuk mengatur posisi atau align tulisan. C artinya Center.

6. Penutup

Untuk kecepatan Print, Thermal Printer yang satu ini memang tidak secepat printer-printer kasir yang memang harganya lebih mahal. Tapi kalo untuk DIY, ini udah jauh lebih bagus.

Saya adalah seorang pengulik yang tertarik dalam bidang Microcontroller, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI). Saya terus belajar dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan saya di dalam ketiga bidang tersebut dengan harapan dapat menciptakan solusi inovatif yang bermanfaat.

One thought on “Cara Mudah Program Printer Thermal Menggunakan Arduino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Enable Notifications OK No thanks