Apa Bedanya Microcontroller Dengan Microprocessor?

Banyak yang mengatakan bahwa Microcontroller adalah sebuah komputer mini. Lalu apa sebenarnya isi dari sebuah komputer. Jika kamu coba bongkar, didalam sebuah komputer itu terdapat papan besar yang kita sebut motherboard. Dan didalamnya terdapat processor, RAM, Hardisk, dan sebagainya.

Processor yang menjadi pusat pengendali dan yang memproses kerja komputer, berkembang menjadi Microprocessor, dengan ukurannya yang lebih kecil tetapi lebih canggih.

Tetapi secanggih apapun sebuah Microprocessor, untuk bisa berfungsi masih tetap membutuhkan komponen lain yaitu; memory sementara, memory penyimpanan, dan berbagai perangkat tambahan untuk Input dan Outputnya.

Dan didalam sebuah Microprocessor, itu ada 3 komponen penting yaitu; Arithmetic Logic Unit (ALU), Register Unit (RU), dan Control Unit (CU).

Blok Diagram Microprocessor

Bisa dikatakan hanya itulah yang terdapat dalam sebuah Microprocessor, walaupun mempunyai kemampuan memproses yang begitu cepat.

Tetapi didalam sebuah Microcontroller itu sudah terdapat Microprocessor, Memory, Input Output, dan semuanya ada dalam sebuah chip saja.

Blok Diagram Microcontroller

Dan untuk lebih jelasnya mari lihat tabel perbandingan dibawah ini:

Konfigurasi PINMikroprosesor Z-80 CPUMikrokontroler 801
Jumlah Pin4040
Jumlah Pin Alamat1616
Jumlah Pin Data88
Jumlah Pin Interupt22
Pin I/O32
Register 8 bit2034
Register 16 bit42
Ukuran Stack64 K128 K
ROM Internal4 Kbyte
RAM Internal128 byte
Memori Eksternal64 Kbyte128 Kbyte
Flag64
Timer02
Port Paralel04 x 8 bit
Port Serial01

Microcontroller memang lebih sederhana. Tetapi untuk membuat projek yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, Microcontroller lebih cocok digunakan.
Lebih murah dan lebih efisien. Untuk membuat robot tentu saja Microcontroller adalah pilihan yang tepat. 😉

No Comments




    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *