Apa Itu NodeMCU ESP8266? Bagaimana Cara Pakenya?

By | Juli 28, 2018

Bagi yang ingin buat project IoT NodeMCU adalah pilihan yang tepat menurut saya. Kenapa? Karena NodeMCU memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan.

Eittsss… Btw bagi yang belum tau, NodeMCU itu apa sih? NodeMCU adalah Microcontroller yang sudah dilengkapi dengan module WIFI ESP8266 didalamnya, jadi NodeMCU sama seperti Arduino, tapi kelebihannya sudah memiliki WIFI, sehingga sangat cocok buat project IoT. Bagi yang belum tau Apa itu IoT? silahkan buka link dibawah ini:

Apa Itu IoT? Penjelasan Simple Mencerahkan!

Ok Lanjut Gan???

NodeMCU juga bisa di Program menggunakan Arduino IDE, software yang digunakan untuk memprogram board Arduino. Bagaimana caranya? Kamu perlu install dulu ESP8266 ke Arduino IDE nya. Caranya Silahkan buka Link Bawah ini:

2 Cara Sukses Pasang/Install Board ESP8226 ke Arduino IDE!

Jadi maksudnya NodeMCU ini bisa di program sama persis seperti Arduino? Iyah bisa, kalo kamu udah Sukses Install Board Arduino ESP8266 ke Arduino IDE, silahkan coba program blink:

NodeMCU ESP8266 Program – Blink

Gimana udah sukses? hehehe, belum apa-apa udah praktek aja? Bagi yang belum punya bisa lewat yang diatas dulu ya, kita lanjut mengenal NodeMCU. Bagi yang punya saya sarankan praktekin yang diatas sebelum lanjut OK!

Penampakan NodeMCU seperti dibawah ini. Silahkan perhatikan dan Amati, NodeMCU yang sudah di lengkapi dengan Shield DIY buatan tangan Admin. Hihihi

Untuk bentuk NodeMCU yang seperti itu, kamu memang memerlukan Shield, tapi bisa juga di coblosin ke Breadboard. Seperti penampakan dibawah ini:

***

Btw Ada perbedaan Antara board NodeMCU dengan Arduino. Penting kamu ketahui karena akan berpengaruh pada Pemrograman. Khususnya pemilihan pin. Coba perhatikan gambar dibawah ini:

Pada NodeMCU kita tidak menggunakan pin yang tertera pada tulisan di Board. Misal di Board tulisannya D0, maka untuk menggunakan pin tersebut kita jangan tulis D0 di program, tapi harus yang sesuai dengan pin OUT seperti gambar diatas, yaitu masukan 16. Jika mau pake D5, diprogram masukan 14. Pokonya ikuti seperti gambar diatas.

Selain NodeMCU, kamu juga bisa menggunakan seri lain dari ESP8266 seperti Wemos dan lain sebagainya.

makeradvisor.com

Hanya saja disini saya menggunakan Board NodeMCU untuk setiap project yang saya pake. Karena NodeMCU yang paling banyak digunakan, dan saya gunakan NodeMCU versi yang Amica.

Jika kamu menggunakan versi board lain, bisa. Tapi ada pengaturan board pada Arduino IDEnya, silahkan pilih yang sesuai dengan Board yang kamu gunakan.

***

Lalu project apa aja yang bisa kamu buat dengan menggunakan NodeMCU. Intinya project yang berbasis IoT bisa sangat munpuni untuk dibuat.

Apakah harus terhubung ke Internet?

Tidak selalu. Inti dari Internet adalah Jaringan. NodeMCU dilengkapi dengan WIFI. Untuk yang awal banget, bisa membuat project untuk Localhost terlebih dahulu.

Jika memang ingin menggunakan internet tapi tidak memiliki keahlian pemrograman Web. Kamu bisa gunakan IoT Cloud Server seperti thingspeak, atau tinger.io, Blynk, Cayyene, dan sebagainya. Atau membuat Bot dengan Telegram yang dihubungkan ke NodeMCU kamu.

Sekian penjelesan kali ini, semoga bisa dipahami dan menginspirasi kamu untuk segera membuat project IoT. Bagi yang ingin bertanya, sialhkan saya tunggu di Kolom Komentar. Thanks

Tutorial Selanjutnya:

  1. 2 Cara Sukses Menambahkan Board ESP8226 ke Arduino IDE!
  2. Program NodeMCU ESP8266 – Blink
Category: IoT