Cara Mudah Program Baca Data Google Maps GPS UBLOX NEO 6M Module Dengan Arduino

By | April 29, 2018

GPS atau Global Positioning System adalah alat yang digunakan untuk mengetahui posisi keberadaan kita. Yang mana titik koordinatnya adalah Latitude dan Longitude, nah kali ini akan kita tampilkan langsung datanya dalam bentuk LINK untuk Google Maps. Jadi kamu bisa pakai link nya untuk langsung membuka lokasi dari Google Maps.

Apa yang perlu disiapkan:

  1. Arduino
  2. GPS Module
  3. Kabel Jumper
  4. Breadboard dan Resistor 10k dan 220ohm, jika kamu ingin menggunakan rangkaian kedua.

Selanjutnya silahkan rangkai seperti pada gambar dibawah ini:

Diatas adalah rangkaian standar dari GPS untuk NEO, yang perlu diperhatikan untuk power GPS menggunakar 3.3V Arduino yah, dan jangan lebih.

Ada satu lagi rangkaian ini jika kamu ingin menggunakan alatnya permanen, atau untuk project yang digunakan 24 jam nonstop. Sebaiknya gunakan rangkaian dibawah ini:

Sebelum lanjut kepemrograman ada library TinyGPS yang perlu kamu ADD ke Arduino IDE kamu. SIlahkan di Download dibawah ini:

TinyGPSPlus-0.95.zip

Jika kamu bingung bagaimana cara memasukan library ke Arduino IDE silahkan ikuti tutorial berikut:

Bagaimana Cara Memasukan Library Ke Aplikasi Arduino IDE?

Kemudian, kamu ketik ulang atau salin program dibawah ini:

Selanjutnya silan tekan Upload dan tunggu sampai Done Uploading.

WARNING: Pastikan GPS kamu sudah dapat sinyal, cirinya adalah akan ada led kecil yang berkedip. Jika ternyata led nya tidak berkedip terus, kamu coba pindah ruangan atau jika masih tidak bisa kamu bisa mencobanya langsung diluar. Karena GPS ini aksesnya langsung ke satelite.