Mengatasi Error Pada NodeMCU Amica

Bagi yang sedang ngembangin IoT menggunakan NodeMCU Amica, saya mau share soal pengalaman error di Tahun ini. Dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebelumnya saya lebih memilih menggunakan NodeMCU Amica dibandingkan NodeMCU Lolin, karena Amica lebih mungil dan dari segi kualitas lebih baik. Walau memang Lolin lebih murah harganya.

Dan ternyata NodeMCU Amica yang saya idolakan ini masih saja mengalami Error. Kurang lebih ada 2 error yang lumayan bikin saya uring2an.

#1 Port Tidak Terdeteksi Arduino IDE versi 1.8.9

NodeMCU amica adalah jenis Microcontroller yang menggunakan CP2102 untuk Uploadernya, yang artinya tidak membutuhkan Driver lagi untuk bisa terdeteksi Portnya oleh komputer. Beda dengan NodeMCU Lolin yang menggunakan CH340. Nah masalahnya di Device Manager terdeteksi, tapi di Arduino IDE tidak. Kebetulan waktu itu saya menggunakan Arduino IDE versi terbaru 1.8.9. Gejala lain pas NodeMCU saya colok, port yang lain juga ikut tidak terdeteksi Arduino IDE.

Solusinya: Saya install Arduino IDE versi lama, yaitu yang versi 1.8.5. Alhamdulillah Normal lagi.

#2 Tidak Tampil di Serial Monitor dan LCD i2C.

Nah yang hampir membuat saya berpikir semua NodeMCU yang baru saja saya beli, Rusak. Jadi saya bikin program yang ada menampilkan tulisan di Serial Monitor dan LCD I2C. Tapi tulisannya sama sekali tidak muncul baik di LCD maupun di Serial Monitor.

Solusinya: pas Upload ubah pilihan Board nya ke NodeMCU 1.0, karena ternyata NodeMCU versi sekarang menggunakan V 1.0 untuk firmwarenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.