Mengendalikan Gerakan Servo Menggunakan Potensio Knob Arduino

By | Desember 27, 2016

Kita akan membuat project untuk mengendalikan gerakan servo menggunakan potensio, atau lebih tepatnya kita akan menggunakan nilai analog yang dikeluarkan oleh potensio. Jadi jika potensio diputar ke derajat tertentu maka servo akan mengikuti berdasarkan nilainya.

Bagi kamu yang baru, ada baiknya untuk melihat postingan sebelumnya:

Cara Mudah Memprogram Servo Dengan Arduino

Yang udah pernah coba, kita akan lanjutkan saja. Berikut adalah alat yang perlu kamu siapkan:

  1. 1x Arduino BELI
  2. 1x Micro Servo BELI
  3. 1x Potensio
  4. 5x Kabel Jumper Male-male BELI
  5. 3x Kabel Jumper Male-female BELI

Sekarang silahkan susun seperti pada gambar dibawah ini:

Jika sudah kita akan langsung memprogram. Seperti yang saya bilang di kelas sebelumnya, kita akan menyertakan library bawaan yang sudah ada pada Arduino IDEnya, jadi kamu tidak perlu menambahkan library terlebih dahulu.

Silahkan salin atau ketik ulang sketch dibawah ini:

Jika sudah silahkan tekan Upload sampai DONE UPLOADING. Lalu coba putar potensionya, dan servo akan berputar sesuai dengan potensionya.

Catatan:

  1. nilaipot= analogRead(pot); menyimpan nilai dari potensio pada variabel nilai pot
  2. nilaipot= map(nilaipot, 0, 1023, 10, 180); mengkonversi nilai potensio dari 0-1023 menjadi 10-180, ini menyesuaikan dengan jenis servo yang saya gunakan, yaitu hanya bisa sampai maksimal 180 derajat. Dan saya set dari 10 bukan dari 0, karena untuk servo ini jika diprogram kurang 10 derajar akan bergetar dan menyebakan servo cepat panas.

TUGAS KREATIF:

  1. Silahkan ganti potensio dengan menggunakan sensor LDR, contoh rangkaian dan programnya bisa kamu liat pada: Program Arduino: Sensor LDR. Lalu baca dulu menggunakan serial monitor mengenai nilai dari ldrnya, dan sesuaikan pada bagian program map.
  2. Silahkan gunakan rangkaian Push Button, minimal 2 untuk contoh rangkaian dan programnya bisa kamu liat pada: Program Arduino: Digital Read Push Button . Lalu atur jika tombol 1 ditekan servo bergerak pada derajat 10 misalkan, dan jika tombol 2 ditekan servo bergerak pada derjat 150. Silahkan atur sesuka kamu.

< Untuk yang penasaran pengen liat hasil jadinya, silahkan liat Video Demonya dibawah ini:

Ok! Nantikan terus postingan terbaru dari Kelas Robot, selamat berkarya, selamat belajar, selamat mencoba, dan harus berhasil ya 🙂