10 Program Latihan Yang Bikin Auto Jago Arduino

“Selamat pagi semuanya, semoga siang ini menjadi malam yang indah.”

ChandraLiow

Kali ini saya ingin berbagi program-program Arduino yang kalo teman-teman kuasai, akan membuat teman-teman jago Arduino. Karena kalo program berikut memang hanya program latihan, tapi program inilah yang akan membuat teman-teman Auto Jago Arduino.

Apa saja program-programnya:

  1. Blink: program dasar yang biasanya dicoba oleh orang yang baru pertama kali belajar Program Arduino. Blink ini menggunakan 1 buah LED, yang mana dalam program kita akan belajar membuat LED tersebut menyala berkedip. Saya dulu sampai menulis berkali-kali di kertas, buku catatan yang saya punya agar saya bisa hafal dan paham setiap fungsi dari koding Blink. Untuk program blink-nya silahkan KLIK DISINI.

  2. Blink 3 LED: ini program lanjutan dari program blink, yang mana akan menggunakan 3 led untuk membuat ketiga led tersebut berkedip. Untuk program Blink 3 LED-nya silahkan KLIK DISINI.

  3. Digital Read: program dasar untuk membaca sensor-sensor digital. Sensor digital disini adalah sensor yang pembacaan datanya hanya 1 dan 0, atau mendeteksi dan tidak mendeteksi. Dalam percobaan menggunakan button, tapi nanti program ini sebenarnya bisa digunakan juga untuk sensor digital lainnya, seperti Sensor Gas, Sound Sensor, dan sebagainya. Tapi sensor-sensor tersebut outputnya harus digital ya, biasanya di module sensornya ada potensio / trimpot untuk atur kepekaan sensornya. Untuk program Digital Read-nya silahkan KLIK DISINI.

  4. Analog Read: Program dasar untuk mencoba sensor-sensor Analog. Sensor analog disini adalah sensor yang kalo dibaca, nilainya antar 0-1023. Jadi bedanya dengan digital jika digital hanya 0 dan 1 aja, atau mendeteksi dan tidak mendetesi saja. Pada analog tidak hanya itu, tapi juga ada nilai yang ditampilkan berdesarkan data dari sensornya. Untuk program Analog Read-nya silahkan KLIK DISINI.

  5. Analog Read + if: Ini adalah program lanjutan dari Analog Read, yang mana ada penggunaan if disini. If disini digunakan untuk memproses data dari pembacaan Analog Read. Jadi dari data yang dibaca, bisa digunakan untuk menyalakan LED jika datanya lebih dari yang di atur di if. Untuk program Analog Read + if-nya silahkan KLIK DISINI.

  6. Tone: Program dasar untuk mempelajari suara di Arduino, yang mana suara ini akan mengeluarkan Nada-Nada yang kita set frekuensinya. Untuk program Tone-nya silahkan KLIK DISINI.

  7. Read Analog Voltage: Nah ini adalah lanjutan dari program Analog Read, tapi kali ini data yang diambil adalah data voltage dari sebuah baterai. Yang mana nanti akan mempelajari program konfigurasi atau mapping untuk nilai yang dibaca menjadi nilai tegangan. Untuk program Read Analog Voltage-nya silahkan KLIK DISINI.

  8. Fade Analog Write: Nah kalo yang ini adalah program PWM (pulse with modulation), yang artinya kita bisa membuat program untuk mengatur nilai output sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam hal ini, LED bisa kita atur keterangannya mau seperti apa. Untuk program Fade Analog Write-nya silahkan KLIK DISINI.

  9. One Led One Button: Program untuk menyalakan dan mematikan LED, dengan menggunakan satu button. Ini adalah dasar dari count, yang nanti akan mempelajari increament dan discreament. Program ini sangat dibutuhkan, dan akan banyak dipake nantinya. Untuk program One Led One Button-nya silahkan KLIK DISINI.

  10. BarGraph: ini adalah program yang menggunakan pembacaan data dari Analog Read, yang kemudian outputnya adalah 10 led. Data yang dibaca oleh Analog ini akan di mapping dan dibuat program count, untuk menyalakan led secara berurutan. Silahkan lebih teliti dan konsenstrasi lagi untuk mempelejari program ini. Untuk program BarGraph-nya silahkan KLIK DISINI.

Silahkan pelajari 10 program latihan diatas, sampai teman-teman paham, sampai teman-teman bisa mengetik dari awal tanpa melihat dari contoh. Dengan begitu teman-teman akan Auto Jago Arduino.

Selamat Belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.